Jumat, 16 Maret 2012

Cara Merakit Fixie


Sebenarnya artikel ini banyak ditemukan di Internet. Namun karena banyaknya sepeda pemula yg berbelanja di IndoFixie umumnya menanyakan parts2 apa saja yg harus dibeli untuk membangun sebuah fixie, jadi kita coba terangkan disini lebih detail dan simple.

Buat kamu yg belum tau apa itu fixie, bisa baca artikel tentang apa itu fixie atau tentang sepeda fixie.

Ok, simplenya semua parts sepeda umumnya rata2 hampir sama, begitu juga dengan sepeda fixie, biasanya komponen besar di sepeda seperti tempat duduk (sadle), setang, roda (rims) dsb pasti ada. Ya iyalah, namanya jg sepeda, dimana-mana pasti lah semua sama.

Jadi apa yg membedakan fixie dengan sepeda lain? Itu cuma pada gear (gigi belakang)nya saja. Fixie wajib memiliki satu gear belakang dan itu fixed yg artinya gigi belakang kalau di kayuh pedalnya kebelakang, sepedanya ikut mundur. Kalau masalah model gimana? kok ada fixie yg beda2? Apapun model sepeda mau mtb, bmx, sepeda balap, atau sepeda jadul alias onthel pun bisa jadi fixie. Yg penting punya satu gigi dan fixed (tetap).

Cara Merakit Fixie Sendiri
Sebelum membangun sepeda fixie perhatikan dulu dan catet apa saja part yg kita perlukan. Biasanya parts fixie tidak jauh beda dengan parts sepeda pada umumnya, ya coba saja liat gambar fixie dibawah ini, mirip ga sama sepeda gunung atau city bike? Nah beda di gigi doang sama rem kan ya.


Apa saja parts yg perlu dicari:


1.Frame/Batang (Bisa pakai frame sepeda balap jadul, frame bms, city bike, dsb namun ada jg frame dipasaran yg sudah costum drop out (bagian belakang frame sudah di buat horizontal jd cocok buat fixie) Carilah frame yg sesuai ukurannya dengan tubuh kamu, untuk mengetahui ukuran frame baca saja artikel cara menghitung ukuran frame.
2.Fork/Garpu (Bisa memakai garpu bawaan sepeda kalau pakai frame jadul, atau bisa beli garpu satuan, yg harus diingat garpu fixie mesti cukup panjangnya untuk ban berukuran 26-27" masuk.
3.Handle bar/Stang (Stang fixie boleh berbentuk balap, boleh berbentuk lurus atau naik keatas seperti stang sepeda BMX, jadi tinggal selera mau pake yg mana bisa.)
4.Grip/Karet Stang (Karet stang biasanya dipakai untuk stang lurus, kalau stang balap biasanya pake bartape semacam solatape dari busa/kulit yg dililit di stang balap tersebut)
5.Stem/Pengikat Stang (Stem fixie bisa berbentuk kotak, atau bango (untuk stang balap)).
6.Headset (Headset adalah parts yg memiliki bearing/cincin pada frame dan fork yg bekerja agar fork dan stang dapat diputar).
7.Crank/Gigi Depan (ini adalah gigi depan fixie, crank biasanya dijual dalam bentuk gigi depan dan tuas pedal).
8.Bottom Bracket (ini sama seperti headset yaitu alat yg mengatur gesekan, namun bb letaknya di bagian bawah frame tepatnya di baigan tempat crank dipasang).
9.Cog/Gigi Belakang (ini adalah gigi belakang fixie. Cog jg ada yg model ring (putar) ada yg model 6bolt. Tergantung hub (tromol) yg kamu pakai seperti apa
10.Pedal (Pedal adalah bagian tempat kita akan menempatkan kaki kita untuk mengayuh sepeda).
11.Strap&toe clips (Ini adalah pengikat yg ada di bagian pedal. Fungsinya agar kaki kita tidak mudah jatuh dari pedal dan sangat berguna dalam melakukan trik2 fixie).
12.Sadel/Tempat Duduk
13.Seat post/Tiang (Tempat duduk (yg berfungsi untuk menghubungkan frame dengan saddle).
14.Rims (Velg)
15.Hub (Tromol)
16.Spoke (Jari-Jari)
17.Tire (Ban Luar)
18.Inner tube (Ban Dalem)
19..Rantai 

Nah ke 19 Parts diatas adalah parts umum yg biasanya ada di sepeda fixie. Bila kamu sudah memiliki semua parts diatas maka kamu tingal membawanya ke bengkel untuk dirakit. Nah, bila kamu merasa repot untuk mencari parts satu persatu dan ga punya waktu untuk merakitnya sendiri, kamu bisa menggunakan jasa perakitan di indofixie juga disini: Jasa Rakit Fixie Murah

Semoga artikel ini dapat menjadi acuan dan berguna dalam merakit fixie sendiri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar